Samalanga Bireuen diterjang Banjir Bandang

Bireuen, Berita Nyata - Banjir Bandang melanda seluruh desa di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, Rabu, 10/02/2016, Dini hari.

Hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Samalanga membuat air Krueng Batee Iliek meluap sehingga terjadinya banjir dan merendam ratusan rumah warga.  Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Tiga unit rumah rusak, ribuan warga terpaksa mengungsi sementara ke tempat aman.Sejumlah bantuan logistik dari pemerintah kabupaten pun telah dikirimkan. Banjir mulai surut pukul 05.00. Wib. 

Adupun desa yang terkena musibah banjir bandang meliputi tiga kemukiman diantaranya  Kemukiman Lima yang terdiri dari Desa Meuliek, Sangsi, Pante Rheung, Namploh Papeun, Namploh Manyah, Keude Aceh, Namploh Blang Garang, Namploh Krueng.
Kemukiman Mesjid Raya diantaranya, Desa Meurak Baroh, Cot Meurak Blang, Meulu, Leung Keune, Bungkok, Mideun Geudong, Mideun Cok, Putoh, Kandang, Baro, Pineung Siribe. Kemudian Kemukiman Tgk Syik Dipulo Baro yang diantaranya Desa Paloh, Lanchok, Lhok Seumirah, Ulee Jeumatan dan Meunasah Lueng. Sedangkan Kemukiman Tanjongan hanya tiga desa, yakni Desa Ulee Ue, Matang Teungoh dan Tanjong Baroh.
Sementara itu Ketua Tagana Bireuen Zulfikar GA, kepada Berita Nyata mengatakan saat ini Tagana Bireuen bersama BPBD Bireuen serta Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bireuen telah mendirikan tenda darurat dibeberapa titik pengungsian, ia menghimbau warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai untuk tetap waspada saat hujan deras. Sebab, dikhawatirkan arus sungai bisa kembali menimbulkan banjir bandang. 

Editor : Echo Apps
Foto   : Echo Apps














0 Response to "Samalanga Bireuen diterjang Banjir Bandang"

Post a Comment