Karaoke ala Warung Kopi Hantui Bireuen

Banyaknya warung kopi yang menyediakan fasilitas karaoke dibireuen berkembang pesat, Bisnis karaoke di warung kopi sangat menjanjikan dikarenakan omset yang didapatkan sangat lumayan. Pemuda Pemudi banyak mempergunakan fasilitas ini sebagai hiburan saat berkumpul.

Antusias pengunjung khususnya remaja terbilang tinggi, Amatan Tim Berita Nyata setiap malamnya beberapa warung kopi yang menyediakan fasilitas karaoke banyak dikunjungi remaja kecuali malam jumat, karena malam jumat tidak dibenarkan karaoke.

Namun kehadiran karaoke diwarung kopi mendapat berbagai kritikan dari beberapa kalangan, dikarenakan kehadiran fasilitas tersebut bertolak belakang dengan wacana bireuen sebagai kota santri yang terus didengungkan oleh Bupati Bireuen Ruslan M Daud melalui Visit Year Bireuen 2018.

Kondisi karaoke di warung kopi berlangsung sampai larut malam dan dapat menggangu warga sekitar dikarenakan musik yang diputar terlalu besar volume, sebahagian warung kopi memadamkan lampu sehingga muda mudi betah duduk lama sampai larut malam. Hal ini menjadi tanda tanya bagi kita? Apakah konsep Bireuen sebagai Kota Santri yang ditawarkan demikian? Apakah karaoke diwarung kopi melanggar ketentuan syariat islam? Apakah warung kopi yang menyediakan fasilitas karaoke memiliki izin untuk kegiatan tersebut?

Terlepas dari semua itu Sejauh ini belum ada qanun atau peraturan daerah Kabupaten Bireuen yang mengatur izin khusus bagi penyedia jasa karaoke di warung kopi di bireuen. Sehingga pemilik warkop masih leluasa menyediakan jasa hiburan tersebut, walau dampaknya suara musik mengganggu warga sekitar.

Diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen agar meninjau kembali izin pembukaan Karoke diwarung kopi di Bireuen. Jika memang tidak mendapatkan izin, sebaiknya pemerintah Kabupaten Bireuen segera menutup tempat Karoke demi wacana Bireuen sebagai Kota Santri. Pemerintah juga hendaknya melakukan pembinaan dan pengawasan terkait keberadaan karaoke diwarung kopi agar tidak melanggar syariat islam.

Kehadiran karaoke diwarung kopi memang dapat membuat kita lepas dari segala tekanan karena dapat menghilangkan kelelahan, stres dan suntuk namun, karaoke diwarung kopi harus sesuai dengan ketentuan syariat islam sehingga bagi para pencinta karaoke dapat menyalurkan bakatnya dalam bidang bernyanyi.

Selain itu penyia jasa karaoke seharusnya dapat menyediakan jasanya dengan sebaik mungkin, volume musiknya distel sekedarnya agar tidak mengganggu warga sekitar dan tempat karaoke tidak dipadamkan lampu serta tidak buka sampai larut malam dan menghormati norma adat daerah supaya tidak memancing anarkisme warga.


Semoga wacana Bireuen sebagai Kota santri bisa terwujudkan. Amin.

Editor : Echo Apps.

0 Response to "Karaoke ala Warung Kopi Hantui Bireuen"

Post a Comment