Tips Merawat Bayi agar Sehat

Anak merupakan anugerah. Sebagai orang tua wajib untuk merawat anak sebaik – baiknya. Terutama jika putra atau putri anda masih bayi. Apakah anda memiliki bayi? Apakah anda seseorang orang tua baru? Mungkin sebagian dari anda bertanya – tanya bagaimana merawat bayi dengan benar. Karena dengan perawatan yang benar bayi pun akan sehat.
Nah, untuk itu berikut beberapa tips merawat bayi agar sehat yang dapat anda praktekkan dalam merawat bayi anda.
  1. Jagalah tempat tidur, alas tidur, dan pakaian bayi anda selalu bersih. Pastikan bahwa pemakaian sabun cuci dan pewangi tidak berlebihan agar tidak memicu alergi pada bayi anda.
  2. Mandikanlah bayi secara rutin. Gunakan sabun dan sampo khusus untuk bayi. Dan jangan gunakan sabun anti bakteri, karena kulit bayi anda masih sensitive. Bukannya sehat, bayi anda malah akan terkena iritasi jika anda menggunakan sabun antibaksteri. Jangan lupa, setelah mandi lekas keringkan badan si bayi agar bayi tidak berlama – lama dalam keadaan basah.
  3. Gunakan air hangat saat anda memandikan bayi anda.
  4. Gunakan minyak bayi bagi anda yang memiliki bayi dengan kulit kepala kering.
  5. Gantilah popok bayi anda sesering mungkin. Bahkan segera ganti popok sesaat setelah bayi anda buang air.
  6. Jaga asupan makannya. Berilah ASI pada bayi anda hingga berusia 6 bulan, setidaknya 8 hingga 9 kali dalam sehari. ASI sangat berguna untuk pembentukan system imun bayi anda.
  7. Bagi bayi yang telah dapat mengkonsumsi makanan sendiri, berilah makan sayur dan buah – buahan. Agar anda dapat mengajak mereka untuk gemar memakan sayur dan buah.
  8. Lakukan imunisasi sesuai umur bayi anda. Imunisasi sangat berguna bagi kesehatan agar bayi anda dapat memiliki kekebalan pada penyakit tertentu di kemudian hari.
  9. Gunakan penutup atau kelambu saat bayi anda sedang tidur. Tips ini disarankan agar bayi anda terhindar dari bahaya gigitan nyamuk.
  10. Periksakan kondisi bayi anda ke dokter secara berkala. Jangan menunggu bayi anda hingga sakit, jika perlu konsultasilah dengan dokter agar bayi anda senantiasa sehat.

Dan demikianlah 10 tips merawat bayi agar sehat yang dapat anda lakukan agar bayi anda sehat selalu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Tips Merawat Bayi agar Sehat"

Post a Comment