Program 1000 Rumah Rehab Pemkab Bireuen Baru Rampung 314 Unit

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Program rumah rehab yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang direncanakan berjumlah 1000 unit saat ini baru direalisasikan sejumlah 314 unit.
Sedangkan dana untuk program tersebut bersumber dari dana Otonomi Khusus (OTSUS) sebanyak 500 unit dan Dari pembagian Hasil Migas sebanyak 500 unit, untuk setiap unit Pemerintah menggelontorkan Rp10 Juta
Foto: IstHal tersebut diungkapkan Saiful SH yang menjabat sebagai Kabid Bantuan Jaminan Sosial (Banjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Bireuen, yang ditemui oleh LiNTASNASIONAL.com dikantor pada Kamis 22 Oktober 2015.
Menurutnya, keterlambatan realisasi disebabkan belum cairnya dana yang bersumber dari Pembagian Hasil Migas, “Sedangkan dana Otsus sudah cair dan sedang dilakukan pembangunan”, ungkapnya.
Ketika disinggung mengenai data real pembangunan rumah rehab tersebut, pihak dinsos meminta waktu karena belum tersedia data rekapitulasi dari kecamatan.
Terhadap kriteria penerima bantuan, Saiful SH menjelaskan bahwa penerima memiliki lahan sendiri atau hak waris selanjutnya atap terbuat dari rumbia atau seng yang sudah lapuk kemudian dinding terbuat dari pelepah rumbia atau papan yang sudah lapuk dan lantai dari tanah atau lantai dasar sudah berlobang. “Bagi siapa saja yang memenuhi satu unsur diatas sudah bisa dibantu” imbuhnya.
Sementara itu menurutnya proses pengajuan dilakukan oleh Desa yang diajukan ke Kecamatan yang kemudian pihak Kecamatan mengajukan ke Dinas Sosial.
Mengenai dengan Verifikasi, Pemkab Bireuen telah merekrut tim Verifikasi yang di dalamnya terdiri dari ASOKAYA dan Karang Taruna.
Hal itu juga dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Bireuen (Sekdakab) Ir. Zulkifli SP yang ditemui dikantornya pada Kamis 22 Oktober 2015, yang menurutnya pelibatan ASOKAYA dan Karang Taruna sebagai proses transparansi dalam verifikasi. (Zoel SoPAN)

0 Response to "Program 1000 Rumah Rehab Pemkab Bireuen Baru Rampung 314 Unit"

Post a Comment