Tertinggal Lebih Dulu, Juventus Atasi Carpi 3-2

Tertinggal Lebih Dulu, Juventus Atasi Carpi 3-2

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Minggu, 20/12/2015 20:36 WIB
Tertinggal Lebih Dulu, Juventus Atasi Carpi 3-2REUTERS/Alessandro Garofalo
Carpi - Juventus pulang dengan tiga poin kala bertandang ke Carpi. Meski tertinggal lebih dahulu, mereka menuntaskan laga dengan kemenangan 3-2.

Bertandang ke Stadio Alberto Braglia, Minggu (20/12/2015) malam WIB, Juve memulai laga dengan mengambil inisiatif serangan. Tapi mereka kecolongan lewat gol Marco Borriello di menit ke-15.

Meski demikian Juve menunjukkan respons cepat, setelah Mario Mandzukic menyamakan kedudukan hanya tiga menit berselang. Mandzukic pula yang kemudian membuat 'Si Nyonya Besar' berbalik unggul pada menit ke-41.

Lima menit babak kedua berjalan, Juve menjauhkan keunggulan dengan gol Paul Pogba. Penampilan dominan Juve membuat laga ini tampak akan selesai dengan nyaman untuk mereka, meski mengawali dengan negatif.

Tapi sebuah gol bunuh diri dari Leonardo Bonucci ternyata membuat laga belum berakhir begitu saja untuk Carpi. Hanya sesaat setelah menipiskan skor, mereka punya peluang emas di mana Lorenzo Lollo mendapatkan ruang tembak terbuka di dalam kotak penalti.

Beruntung bagi Juve, Lollo gagal menyepak dengan sempurna. Tiga poin pun aman dalam genggaman tim besutan Massimiliano Allegri.

Tambahan tiga poin membuat Juve naik ke posisi dua klasemen sementara Serie A dengan nilai 33 dari 17 pekan. Mereka tertinggal tiga poin dari Inter Milan di posisi teratas, yang baru bermain 16 kali. Sedang Carpi belum beranjak dari urutan 19 dengan 10 angka.

Jalannya Pertandingan

Juve menekan di menit keempat pertandingan melalui sepakan Paulo Dybala, namun hanya melambung. Bianconeri tampak mengambil inisiatif dan menguasai permainan sejak awal pertandingan ini.

Meski begitu, Carpi justru mampu mencuri gol di menit ke-15. Marco Borriello mendapatkan bola umpan Isaac Cofie di sisi kanan, lalu mengecoh Leonardo Bonucci dan melepaskan sepakan mendatar dengan kaki kanannya. Gianluigi Buffon tak kuasa membendung tembakan dan gol pun tercipta.

Dua menit kemudian, Juve balas menekan lewat sepakan Sami Khedira. Hanya saja upayanya masih bisa diamankan oleh kiper Carpi, Vid Belec.

Semenit berselang, Juve menyamakan kedudukan. Menerima umpan Khedira, Mandzukic mengontrol bola dengan cemerlang dan menyambutnya dengan tendangan voli untuk menaklukkan Belec.

Giliran Claudio Marchisio punya peluang di menit ke-23, tapi bisa dihalau Belec ke luar lapangan. Percobaan dari Khedira empat menit kemudian juga bisa diamankan.

Carpi merespons dengan sundulan dari Lorenzo Collo menyambut umpan silang Gaetano Letizia. Cuma melenceng sedikit ke kanan gawang.

Juve berbalik unggul di menit ke-41, kembali lewat Mandzukic. Kali ini dia sukses menyambut umpan silang Patrice Evra dan melesakkan bola ke dalam gawang lewat sundulan. Gol ini menjadi yang terakhir di babak pertama.

Lima menit babak kedua berjalan, Juve menjauhkan keunggulan. Marchisio mengirimkan umpan panjang ke belakang garis pertahanan Carpi dan diterima Pogba. Usai mengontrol, Pogba lantas menyontek bola melewati Belec yang maju menerjang.

Di menit ke-63, Juve sebenarnya mencetak gol keempat lewat Daniele Rugani yang meneruskan umpan Juan Cuadrado. Tapi wasit menganulirnya karena menilai Rugani dalam posisi offside.

Carpi mencoba menekan lewat sepakan jarak jauh Jerry Mbakogu di menit ke-75. Upayanya bisa dinetralkan oleh Buffon.

Upaya lain dilakukan Mbakogu di menit ke-82, kali ini dengan sundulan di menit ke-82. Masih melenceng sedikit ke kiri atas gawang. Sepakan Gabriel Silva tak lama berselang juga cuma melesat ke kiri.

Carpi memperkecil ketertinggalan di masa injury time, setelah Bonucci mencetak gol bunuh diri. Upayanya menghalau umpan silang justru membuat bola berbelok masuk ke gawang sendiri.

Juve nyaris saja kehilangan tiga poin tak lama berselang. Mbakogu menusuk di sisi kanan gawang, lalu mengoper ke tengah kotak penalti. Lorenzo Lollo menerima bola dalam posisi bebas, tapi gagal melepaskan tendangan dengan sempurna.

Bola cuma bergulir pelan dan mudah saja diamankan Buffon. Di tepi lapangan, Massimiliano Allegri tampak murka menyusul ancaman ini. Namun demikian, tiga poin berhasil diamankan Juve.

Susunan pemain

Carpi: Belec; Zaccardo, Gagliolo, Romagnoli, Letizia; Gaston Silva, Cofie (Bianco 70), Lollo, Marrone; Di Gaudio (Lasagna 54); Borriello (Mbakogu 65)

 Juventus: Buffon; Barzagli (Rugani 57), Bonucci, Chiellini; Cuadrado (Lichtsteiner 82), Khedira, Marchisio, Pogba, Evra; Mandzukic, Dybala (Morata 68)

0 Response to "Tertinggal Lebih Dulu, Juventus Atasi Carpi 3-2"

Post a Comment