Resep Kue Putu Ayu

Salah satu jajanan pasar yang nikmat dan masih sangat populer saat ini adalah kue putu ayu. Banyak orang yang suka mengonsumsi putu ayu untuk kudapan sebagai pendamping minum teh atau kopi. Jika anda berkeinginan untuk membuat sendiri kue satu ini maka cobalah resep kue putu ayu enak berikut ini.
Kue satu ini bertekstur lembut dan memiliki tampilan yang cantik, yaitu dengan bewarna hijau disertai dengan taburan kelapa parut bewarna putih. Makanan satu ini banyak ditemui di pasaran tradisional membuatnya juga cukup mudah jadi anda dapat mencoba sendiri di rumah. Di bawah ini adalah beberapa bahan yang harus anda siapkan dalam membuat putu ayu.
Bahan :
2 butir telur ayam
200 gram gula pasir
1 sdt SP
150 gram tepung terigu
200 ml santan
Pewarna hijau secukupnya
100 gram kelapa muda parut
garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Pertama anda harus mengocok telur, kemudian tambahkan juga gula pasir dan SP sampai dengan mengembang dan putih. Lalu masukkan terigu dan aduklah sampai dengan merata.
  2. Tuangkanlah santan sedikit demi sedikit seraya diaduk sampai merata. Lalu masukkanlah pewarna hijau dan aduk lagi sampai merata.
  3. Campurkanlah kelapa dan garam kemudian aduk lagi sampai dengan merata. Masukkanlah ke dasar cetakan sambil sedikit ditekan agar menjadi padat. Tuangkan juga adonan putu ayu ke dalam cetakan sampai terisi dengan penuh.
  4. Panaskanlah panci pengukus kemudian kukuslah adonan sampai dengan matang. Setelah matang maka angkat dan sajikan.
Sedikit tips untuk anda agar resep kue putu ayu enak ini dapat maksimal ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Misalnya janganlah menggunakan api yang terlalu besar sebab ini membuat kukusan terlalu panas dan membuat kue merekah. Satu tips lagi ialah gunakanlah kelapa muda untuk membuat kue putu ayu agar terlihat lebih rapi dan menarik serta jangan lupa untuk menekan sedikit saat di dalam cetakan agar lebih padat.


0 Response to "Resep Kue Putu Ayu"

Post a Comment