Nikmatnya Nasi Serba Enam Ribu

Berita Nyata, Bireuen – Ditengah dinginnya malam dan riuhnya suara keramaian dengan tubuh yang begitu letih dan perut kosong kami kru Berita Nyata menyempatkan diri untuk singgah di Jalan Andalas Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Disepanjang jalan tersebut terdapat puluhan gerobak yang menjual makanan nasi murah serba enam ribu. Tiap – tiap gerobak terdapat tulisan nasi berbagai menu dengan harga enam ribu rupiah.
Tim Berita Nyata memberhentikan laju kendaraan disalah satu gerobak penjual nasi. Seperti biasanya, kebiasaan kami terlebih dahulu memesan minuman sebelum memilih menu makanan.  adapun minuman yang kami pesan adalah kopi. Kopi merupakan minuman favorit Tim Berita Nyata yang selalu menemani aktivitas kami.
Tak lama berselang Sumarni salah satu penjual nasi menawarkan berbagai menu pilihan nasi murah kepada kami dan saya sempat bertanya kepada beliau.
 “apa betul nasi harganya enam ribu rupiah bu..?. Dengan ramah ia menjawab ia nak apapun jenis nasinya dan lauknya semua serba enam ribu”. Lalu kami memesan nasi enam porsi untuk disantap.
Disela sela perbincangan kami sambil menunggu makanan yang akan disajikan saya sempat menatap puluhan gerobak yang menyajikan Nasi Murah Serba Enam Ribu, banyak diminati pembeli. Tidak hanya digerobak Bu Sumarni saja yang ramai bahkan, penjual nasi lainnya juga banyak dikerumuni pembeli dari berbagai daerah.
Amatan Tim Berita Nyata Puluhan Gerobak Penjual Nasi Murah Serba Enam Ribu berjejer di sepanjang Jalan Andalas Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Jarak antara gerobak satu dengan yang lainnya hanya sekitar Empat Meter saja dan disetiap gerobak selalu diramaikan oleh para pembeli.
Banyak variasi menu yang ditawarkan oleh penjual nasi Murah Serba Enam Ribu diantaranya Nasi Putih, Nasi Gurih, Nasi Kuning serta Nasi Goreng. Adapun lauk yang disajikan adalah Ikan, Daging, Ayam, Bebek dan telur dengan berbagai variasi masakan. Terdapat juga Peyek Udang serta pergedel.
Setelah pesanan kami datang saya langsung mencicipi nasi yang disajikan oleh Bu Sumarni tak ada menu yang begitu istimewa namun, rasanya begitu khas dan lezat dilidah. Adapun menu nasi yang saya pilih adalah nasi gurih dengan lauk ayam semur yang merupakan salah satu makanan favorit saya. Dimana terdapat juga pergedel, kentang sambal dan hati ayam yang diiris kecil kecil serta cabai rawit. Disela makan malam tersebut saya melihat beberapa Kru Berita Nyata dengan lahapnya menyantap masakan yang disajikan oleh Bu Sumarni.
Hati kecil saya berkata untuk apa mengeluarkan biaya besar hanya untuk sepiring nasi, jika ada nasi murah yang harganya hanya enam ribu rupiah saja mampu membuat isi perut kenyang dan menggugah selera makan dengan rasa yang begitu lezat untuk dinikmati.
Setelah makan dan minum saya langsung menghampiri Bu Sumarni dan bertanya mengapa ia memilih bisnis ini..?. Apakah ada keuntungan dari hasil jualan.? sedangkan nasi yang disajikan harganya jauh berbeda dengan harga di rumah makan yang ada di Bireuen.?

Dengan tersenyum Bu Sumarni mengatakan awalnya dirinya ragu untuk memulai bisnis ini dikarenakan perekonomian di Kabupaten Bireuen tidak stabil dan ia takut mengalami kerugian. Namun, hal itu bertolak belakang seiring berjalannya waktu dan ternyata nasi serba enam ribu sangat diminati oleh pencinta makanan di Bireuen dan pelanggannya pun semakin ramai.
Setelah berbincang dengan Bu Sumarni kami langsung membayar nasi dan kopi yang kami pesan dengan harga hanya Rp. 54.000 ( Lima Puluh Empat Ribu Rupiah ) saja untuk enam porsi makanan dan minuman. Harga yang begitu murah menurut saya berbeda jikalau kita makan di rumah makan yang ada di Bireuen yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah jika untuk enam porsi makanan dan minuman.
Sesaat melangkahkan kaki menuju mobil sekali lagi saya menoleh ke belakang untuk melihat gerobak disepanjang jalan dan ternyata Nasi Murah Serba Enam Ribu memang banyak diminati oleh pembeli. Dengan spontan saya langsung menemui salah satu pembeli bernama Teuku Saryulis Warga Desa Geudong – Geudong Kecamatan Kota Juang Bireuen, yang sedang antri disamping sisi jalan lalu bertanya:
Menurut Bapak Bagaimana Pendapat Anda Tentang Hadirnya Nasi Serba Enam Ribu di Bireuen..?
Beliau Berkata, Hadirnya nasi ini bisa membuat kita hidup hemat disaat perekonomian dibireuen semakit sulit, hanya enam ribu rupiah saja kita bisa mendapatkan sebungkus nasi dengan berbagai menu pilihan. Biasanya harga nasi bungkus mencapai Tiga Belas Ribu Rupiah ada juga yang Lima Belas Ribu Rupiah.
Dengan penuh rasa ingin tahu saya juga menjumpai salah satu penjual lainnya bernama Nuraini dan berbincang selama beberapa menit. Setelah itu saya langsung melangkahkan kaki menuju mobil untuk melanjutkan perjalanan.

Nasi Murah Serba Enam Ribu saat ini terdapat di Bireuen, Adapun lokasi tersebut terdapat di Jalan Andalas Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Puluhan gerobak berjejer dipinggir jalan dengan pembeli yang cukup ramai. Saat ini masyarakat Bireuen memilih Nasi Murah Serba Enam Ribu sebagai makanan pilihan disaat perekonomian semakin anjlok.

Editor : Echo Apps
Foto    : Ipay

0 Response to "Nikmatnya Nasi Serba Enam Ribu"

Post a Comment