Media Internet Berikan Keuntungan Bagi Pemasar

Aktivitas penjualan sebagai salah satu kegiatan pemasaran memegang peranan penting. Sukses tidaknya kehidupan perusahaan tergantung dari faktor penjualan produknya, di samping itu pesatnya persaingan terutama antara perusahaan sejenis menjadi masalah yang dihadapi perusahaan. Sehingga mendorong perusahaan melakukan berbagai program pemasaran –salah satunya promosi- untuk dapat menghadapi para pesaingnya.
Bentuk program pemasaran berupa promosi yang dilakukan perusahaan merupakan bentuk usaha untuk mempengaruhi calon pembeli (konsumen) melalui pemakaian segala unsur di dalamnya. Tentunya memiliki tujuan menyadarkan masyarakat luas yang menjadi calon konsumen terhadap sebuah produk yang diperkenalkan oleh suatu perusahaan hingga berujung pada pembelian.
Belakangan ini, media seperti internet banyak dimanfaatkan sebagai sarana promosi oleh perusahaan. Hal ini mengacu pada data yang dikeluarkan oleh Markplus Insight mengenai jumlah pengguna internet tumbuh signifikan hingga 22% dari 62 juta di tahun 2012 menjadi 74,57 juta di tahun 2013. Menurut lembaga risetMarkPlus Insight, angka jumlah pengguna Internet di Indonesia akan menembus 100 juta jiwa di tahun 2015.
Fasilitas yang sering digunakan dalam penjualan suatu produk melalui internet, yakni pemanfaatan websiteuntuk dijadikan sarana promosi. Dimana di dalamnya akan menampilkan informasi data teks (tulisan), gambar diam atau gerak, animasi, suara, video, dan atau gabungan dari keseluruhannya mengenai suatu produk atau lainnya yang sengaja disebarluaskan oleh perusahaan untuk diketahui oleh konsumen.
Selain pemasar, pemanfaatan internet juga memberikan banyak keuntungan bagi konsumen online. Menurut kotler & amstrong (2001 : 261) keuntungan bagi konsumen online antara lain memberikan kenyamanan. Konsumen tidak perlu bergelut dengan lalu lintas, mencari parkir, dan berjalan dari toko ke toko. Konsumen dapat membandingkan merk, memeriksa harga dan memesan barang. Adapun keuntungan lainnya sebagai berikut:

  1. Siap 24 Jam.
  1. Pasar Semakin Luas
  1. Pembeli Potensial

Tidak seperti praktek bisnis offline lainnya yang layanannya tergantung pada hari dan jam kerja, website  selalu siap sedia 24 jam serta dapat diakses oleh konsumen dari mana saja dan kapan saja.
Jika menginginkan pasar yang tidak terbatas dan dapat menjangkau audiens seluruh dunia, memasang iklan di media online adalah jawabanya. Biaya untuk iklan online terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan iklan televisi, koran, ataupun radio.
Pasar internet dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global. Sehingga memudahkan dalam menentukan target pasar yang akan semakin jelas dan spesifik. Kemudian tinggal membidikannya pada kelompok tertentu atau bahkan perorangan.

0 Response to "Media Internet Berikan Keuntungan Bagi Pemasar"

Post a Comment