Bush Senior Kritik Putranya


WASHINGTON -- Mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush dalam waktu dekat akan mengeluarkan sebuah biografi miliknya berjudul Destiny and Power: The American Odyssey of George Herbert Walker Bush. Dalam biografi pria 91 tahun itu terungkap sejumlah kritikan pedas pada sejumlah tokoh politik AS, termasuk putranya sendiri yang juga menjadi presiden AS.

The New York Times mendapat salinan biografi Bush dan mewawancarai penulis biografinya, Jon Meacham. Meacham mengutip Bush mengatakan, George W Bush di masa pemerintahannya, yakni tahun 2001 hingga 2009 kerap menggunakan bahasa yang terlalu sering mengundang "peperangan".

"Retorika panas memang sangat mudah membuatnya menjadi berita utama, tapi tak selalu dapat memecahkan masalah politik," kata Bush.

Bush juga menyebut secara khusus pidato anaknya pada 2002 sebagai "poros iblis", mengacu pada permusuhan AS dengan Irak, Iran, dan Korea Utara. "Anda kembali ke `poros iblis', dan hal-hal semacam itu dan saya pikir secara historis terbukti tak membawa keuntungan apa pun," tulis Bush di bukunya.

Dilansir Aljazirah, di bagian lain dalam buku tersebut Bush juga mengkritik mantan wakil presiden Dick Cheney dan mantan menteri pertahanan Donald Rumsfeld yang merupakan dua tokoh kunci di masa kepresi denan anaknya. Ia menyatakan kedua orang tersebut tak melayani presiden dengan baik.

Cheney, menurut Bush, seperti "kele dai besi" yang sibuk membangun "kerajaannya sendiri". Cheney juga disebut berpandangan terlalu keras dan kerap meyakinkan Bush yunior untuk menggunakan kekuatan militer di seluruh dunia.

Bush mengenal baik Cheney sebab ia pernah menjadi menteri pertahanan di masa pemerintahannya. Bush berspekulasi, Cheney dipengaruhi oleh istrinya yang sangat konservatif, Lynne. Bush bahkan menggambarkan Lynne sebagai orang "di belakang layar" Cheney. Hingga saat ini, keluarga Chenney masih belum berkomentar terkait buku Bush dan kritikannya tersebut.

Sementara, Rumsfeld digambarkan Bush sebagai "rekan yang arogan". Rumsfeld disebut-sebut buta akan pendapat orang lain dan kerap melayani presiden dengan buruk. "Saya pikir dia melayani presiden dengan buruk," ujar presiden ke 41 AS tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Rumsfeld merespons kritikan Bush. Ia mengatakan ada ratusan memo di situs resminya, yakni www.rumsfeld.comyang berisi saran Pentagon untuk presiden.

George W Bush juga turut berkomentar "Cheney melakukan pekerjaan luar biasa sebagai wakil presiden dan saya beruntung memiliki dia di sisiku selama menjabat presiden. Don Rumsfeld cakap dalam memimpin Pentagon dan seorang menteri pertahanan yang efektif," ujar George W Bush.

0 Response to "Bush Senior Kritik Putranya"

Post a Comment