Bagaimana rasanya kaya mendadak?

Money


Image copyrightAlamy
Image captionKisah orang-orang yang kaya mendadak.

Kita pasti bermimpi menjadi kaya mendadak, tapi bagi beberapa orang, mimpi itu bisa jadi kenyataan.
Suatu hari, segepok uang tiba-tiba muncul di rekening bank anda -mungkin dari warisan, atau mungkin kesalahan bank- dan dalam semalam Anda jadi kaya raya, tak terbayangkan dalam mimpi terliar Anda sekalipun.

Kaya mendadak, langsung miskin lagi

Suatu hari, seorang pedagang dan ahli keuangan, Andrew Bransford-Brown,memeriksa rekening banknya dan kaget melihat saldonya lebih dari dua juta dolar. "Saya baru saja menutup rekening uang pensiun saya dari pemerintah (sekitar US$100 ribu) dan entah bagaimana mereka memberi saya US$2,1 juta.
Ia menulis bahwa awalnya ia tertanya-tanya apakah bisa mentransfer uang itu ke luar negeri, tapi ia tahu bahwa butuh sehari dua sebelum bisa melakukannya. Namun sial baginya, "beberapa jam kemudian mereka menarik uang itu," katanya.


Robert Frederking menulis bahwa temannya secara tak sengaja menerima beberapa juta dolar sesudah kembali ke Amerika dari Arab Saudi.
Ia ditelepon oleh bank, kata Frederking, yang bertanya apakah ia sedang menantikan uang dari Arab Saudi. "Teman saya itu menjawab 'ya'. Kemudian ada jeda sejenak, dan mereka berkata, 'tolong Anda datang ke cabang terdekat'."
Frederking menulis, "Ketika ia tiba, mereka bertanya berapa kira-kira uang yang ditunggunya, ketika teman saya itu menjawab jauh di bawah di bawah satu juta dolar, pegawai bank berkata bahwa mereka menerima transfer sebesar (kalau tak salah) sekitar US$6juta."
Sementara itu Stephen C Allison ketika tinggal di Jerman, 'bersenang-senang dengan manajer cabang kecil sebuah bank', tempat perusahaannya menerima setoran uang dari IBM setiap bulannya.


Perlakuan mewahImage copyrightAlamy
Image captionPerlakuan bank tiba-tiba berubah setelah rekening Anda mencapai jumlah tertentu.

Allison menulis bahwa satu bulan saldo rekeningnya memperlihatkan angka 999.999.999.99 Mark Jerman (sekitar US$400juta). "Saya datangi bank itu dan manajernya yang baik menyambutnya sambil tersenyum, sampai saya berkata ingin menutup rekening saya," tulis Allison. "Ia tampak kaget, dan bertanya apa ada masalah yang membuat kami sampai mengambil keputusan seperti itu."
Allison mengatakan bahwa tak ada masalah, hanya sedikit khawatir punya uang sebanyak itu di sebuah cabang yang kecil dari bank itu. "Awalnya ia sempat pucat, lalu ia sadar... kami berdua tertawa. Jelas angka itu disebabkan oleh kesalahan komputer."

Dermawan rahasia

Bekas manajer hotel, Abbe Diaz menulis bahwa di akhir dekade 1990-an, seorang temannya menerima telepon dari bank yang memintanya untuk datang ke cabang tertentu bank tersebut.
"Ia sempat cemas," kata Diaz,"karena ia yakin, itu pasti kabar buruk."


"Temannya itu tiba di kantor cabang bank yang mewah dengan lantai marmer berkilau dan pilar yang tinggi serta hiasan logam berkilauan, dan tiba-tiba sejumlah bankir berpakaian lengkap 'bangun dari meja mereka' menyambutnya dan menyalaminya," kata Diaz.
"Ia kemudian dibawa ke samping kantor dan didudukkan di sebuah kursi empuk berbahan kulit di depan sebuah meja mahoni besar dan mewah."
Diaz menjelaskan seorang teman masa kecil menyetor satu juta dolar kepada temannya sesudah mendengar pengakuan sang teman "makan makanan kucing demi memberi makanan yang lebih baik untuk anak perempuannya."
Diaz bertemu perempuan yang beruntung itu, dua tahun setelah hari keberuntungannya, dan "saat itu ia dan anaknya sepenuhnya hidup dari bunga investasi dari uang pemberian itu, sekitar US$80.000 pertahun."

Perlakuan istimewa

Konsultan manajemen Percy Nikora, menjalankan bisnis yang menguntungkan di pertengahan usia 20-an.
Ia mulai mendepositokan uang ke rekeningnya dan suatu hari manajer banknya tiba-tiba memberitahu tentang "produk-produk mereka yang hebat". Ternyata rekeningnya sudah membesar.
Nikora menulis tiba-tiba ia tak lagi harus mengantri seperti biasa, dan ada barisan 'pelanggan prima' (semacam fasilitas check-in kelas bisnis).
"Ongkos yang biasa dikenakan untuk rekening lama saya tiba-tiba hilang -cek gratis, safety box gratis, trasnfer ke Amerika gratis."
Responden Quora disyaratkan memakai nama asli mereka di bawah kebijakanNama Asli. Untuk menjamin keabsahan dan kualitas, Quora meminta beberapa orang, misalnya dokter dan pengacara, untuk memastikan keahlian mereka.
Anda bisa membaca artikel ini dalam bahasa Inggris di What happens if you accidentally become a millionaire dan artikel sejenis di BBC Capital.
  • Sumber : http://www.bbc.com
  •                 :  
  •                 : BBC Indonesia

0 Response to "Bagaimana rasanya kaya mendadak?"

Post a Comment