Resep Tempe Bacem Spesial

Resep Tempe Bacem Spesial Khas Jawa – Tempe merupakan makanan yang mengandung tinggi akan protein, kandungan inilah yang bermanfaat untuk membangun sel­sel tubuh secara optimal, sehingga cukup baik untuk memacu pertumbuhan pada anakanak. 

Tempe dapat diolah menjadi berbagai macam masakan lezat, salah satunya adalah masakan yang berasal dari Jawa ini, yakni tempe bacem. Di tempat asalnya sana, tempe bacem banyak disajikan bersama dengan kuliner lainnya, seperti pecel, gado­gado, sego liwet, dan masih banyak lagi. Rasanya yang nikmat dipadukan dengan bumbu kecap manis gurih, tempe bacem bisa menjadi lauk pauk Anda bersana keluarga saat sarapan ataupun makan malam. Nah langsung saja simak cara membuat tempe bacem lezat khas Jawa berikut ini. 

Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Spesial Khas Jawa Bahan ­bahan: ­ 
Tempe sebanyak 15 potong ­ 
Air kelapa muda sebanyak 300 ml ­ 
Daun salam cukup dengan 3 lembar ­ 
Laos berukuran 3 cm, 
memarkan ­ Air asam jawa cukup sekiranya 2 sdm

Bumbu halus: ­ 
Bawang putih sebanyak 3 siung ­ 
Bawang merah sekitar 6 butir ­ 
Ketumbar kira­kira 2 sdt ­ 
Gula merah sebanyak 3 sdm ­ 
Garam cukup dengan 1 sdt 

Cara membuat bacem tempe dengan mudah dan enak: 
1. Pertama kalinya siapkan terlebih dahulu panci anti lengket. Kemudian tata atau susun tempe yang telah dipersiapkan tadi diatas panci tersebut. siram tempe­tempe tersebut dengan menggunakan air kelapa muda. Sisihkan terlebih dahulu

2. Sementara itu, tumislah sebentar bumbu­bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai mengeluarkan aroma harum atau wangi. 

3. Tuang hasil tumisan tersebut kedalam panci yang berisi dengan tempe dan siraman air kelapa muda tadi. 

4. Masak semua bahan yang ada dalam panci tersebut sampai dengan mendidih dan bumbu meresap secara sempurna. Pastikan pula semua bumbu tersebut sudah halus, agar dapat meresap kedalam bagian tempenya. 

5. Apabila semua bumbu sudah meresap secara sempurna, siapkan sebuah wajan penggorengan terlebih dahulu dengan minyak secukupnya. 

6. Panaskan minyak dalam wajan tersebut, lalu goreng tempe­tempe tadi dengan menggunakan api sedang sampai matang dan berubah warna kecoklatan.

7. Sekiranya sudah matang, silahkan sajikan bacem tempe tersebut bersama dengan nasi hangat dan lauk lainnya.

Dengan melakukan serangkaian langkah diatas, maka tempe bacem buatan Anda akan semakin nikmat dan dicintai keluarga tercinta. Namun untuk menambah kelezatan lagi, silahkan tambahkan bahan kecap saat merebus tempe tersebut bersama dengan bumbu­bumbu halusan.

Demikian sajian informasi seputar resep tempe bacem spesial khas Jawa. Silahkan langsung saja coba resep diatas di rumah masing­masing. 


0 Response to "Resep Tempe Bacem Spesial"

Post a Comment