Rakyat Myanmar menunggu hasil penghitungan suara


Rakyat Myanmar tengah menunggu hasil penghitungan suara pemilihan umum terbuka pertama dalam waktu 25 tahun terakhir di negara itu.
Hasil penghitungan suara sedang dihitung dan para pejabat terkait mengatakan hasil penghitungan pendahuluan baru akan diketahui pada hari Senin (09/11) ini.
Tetapi kubu oposisi Liga Nasional Demokrasi, NLD, pimpinan Aung San Suu Kyi, secara luas diperkirakan akan meraih mayoritas kursi di parlemen, sekaligus akan mengakhiri dominasi rezim militer.
Partai yang didukung militer, USDP, telah memerintah sejak tahun 2011 lalu.
Para pengamat internasional mengatakan, proses pemungutan suara secara umum berjalan lancar dan sejumlah penyimpangan dapat ditekan.

Daftar pemilih

Namun demikian, para wartawan mengatakan ada beberapa laporan tentang ketidaklengkapan daftar pemilih serta keterlambatan pengiriman hasil penghitungan suara di tingkat TPS pada Minggu malam.
Dan ratusan ribu orang -termasuk kaum Muslim minoritas Rohingya- mengaku tidak mendapatkan hak suara, sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang isu ketidakadilan dalam pemilu kali ini.
Sekitar 30 juta orang menyalurkan suaranya dalam pemilu Myanmar yang Minggu Kemarin.
Partisipasi pemilih diperkirakan mencapai 80% dalam pemilu nasional pertama sejak pemerintah sipil mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011.

0 Response to "Rakyat Myanmar menunggu hasil penghitungan suara"

Post a Comment