Desa Mawsynram Negeri Hujan didunia

Tahukah anda desa terbasah dan paling sering hujan di dunia? Jawabannya adalah daerah Meghalaya, India, tepatnya di daerah bernama desa Mawsynram. Desa ini menerima 467 inci hujan pertahunnya.

Maysynram adalah sebuah desa yang terletak di Negara Bagian Meghalaya, India. Desa ini disebut sebagai tempat paling basah di bumi dengan curah hujan tahunan mencapai 11.871 mm. Menurut Guinness Book of World Records, curah hujan tertinggi di Mawsynram terjadi pada tahun 1985, yakni mencapai 26.000 mm.

Saking seringnya hujan, warga sekitar yang bekerja keluar ruangan selalu menggunakan payung modern, maupun payung tradisional yang terbuat dari bambu dan daun pisang. Begitu mengagumkannya tempat terbasah ini, membuat fotografer Amos Chapple mendokumentasikan keunikan serta keindahan desa Mawsynram.

Desa Mawsynram, diakui memiliki curah hujan rata-rata tertinggi di Bumi. Bertengger di atas bukit di Khasi Hills dari timur laut India, desa menerima 467 inci hujan per tahun – tiga belas kali lipat dari Seattle. Curah hujan berat karena arus udara musim panas menyapu dataran mengepul dari Bangladesh, mengumpulkan kelembaban saat mereka bergerak ke utara.

Sebuah jembatan akar pohon yang dikembangkan untuk menggantikan yang lebih tua, jalan memutar di jurang jauh di hutan dekat Mawsynram.

Tiga buruh berjalan ke Mawsynram bawah payung khas tradisional yang dikenal sebagai knups. Terbuat dari bambu dan daun pisang, yang knups disukai untuk memungkinkan bekerja dua tangan, dan karena mampu berdiri dengan angin kencang yang menyerang daerah selama hujan lebat.

Keunikan yang mengagumkan, kondisi daerah mereka yang selalu bayar karena guyuran hujan deras serta berada di daerah ketinggian dimana udara makin dingin, tak membuat mereka berputus asa dan mengeluh kenapa selalu hujan. Mereka terus bekerja dan menjalani kehidupan, karena tak ada gunanya mengeluh.
Buruh mengenakkan knups bekerja mengangkat batu dengan gaji perharinya $2,60.
Pintu masuk ke Mawsynram Village. Seperti kebanyakan desa di wilayah Meghalaya dari timur laut India, orang-orang di sini adalah Khasi, minoritas adat berjumlah sekitar 1,2 juta di India.

Semua orang mempunyai cerita tentang hujan. Namun warga Mawsynram, sebuah desa di Timur Laut pegunungan Khasi, telah merasakan sebagai tempat yang paling basah di dunia.
gambar: TheAtlantic.com
sumber : fotografer Amos Chapple

0 Response to "Desa Mawsynram Negeri Hujan didunia"

Post a Comment