Tahun Ini Di Kabupaten Bireuen, Honor Aparatur Gampong Naik




Berita Nyata, Bireuen - Aparatur Gampong (desa) di Kabupaten Bireuen, Aceh, kali ini dapat bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bireuen menyatakan akan menaikkan gaji aparatur gampong pada tahun 2016 ini. Hal ini dikatakan langsung oleh Bupati Bireuen, Ruslan M Daud.

“Pada tahun ini akan ada kenaikan jerih aparatur gampong sebagaimana yang pernah di aspirasikan, disarankan baik oleh tokoh masyarakat, akademisi dan aparatur gampong. Ini semua sesuai yang telah saya tanda tangani dalam Peraturan Bupati (Perbup),” ujar Ruslan yang ditulis Waspada Online, Selasa (29/3).
Hal ini telah ia sampaikan juga secara langsung kepada seluruh aparatur gampong kemarin, Senin (28/3), disela-sela rapat kerja Implementasi penyaluran dana gampong tahun anggaran 2016 yang berlangsung di halaman kantor pusat Pemerintahan Bireuen di Cot Gapu.
Seluruh Geuchik (kepala desa), perangkat gampong lainnya, pendamping desa, ketua PKK, karang taruna, pemuda, ketua posyandu, pimpinan PAUD, tim Progam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) serta sejumlah tokoh gampong lainnya juga turut hadir dalam rapat itu.
Ruslan merincikan, gaji untuk geuchik dari Rp1 juta naik menjadi Rp1,5 juta perbulan, Sekretaris Desa yang non PNS dari Rp700 ribu naik menjadi Rp1,050 ribu, Keurani Cut dari Rp500 ribu menjadi Rp750 ribu, Peutuha Dusun dari Rp500 ribu naik Rp750 ribu, imum meunasah dari Rp400 ribu menjadi Rp750 ribu dan untuk Tuha peut, wakil peutuha peut, anggota tuha peut, bendahara, tuha lapan, juga mendapatkan kenaikan jerih.
“Sementara itu, untuk kegiatan PKK Rp6 juta, Balai pengajian Rp3 juta, Pos KB Rp3 juta, PAUD gampong Rp6 juta, Posyandu Rp6 juta, serta karang taruna gampong  sebesarRp2,5 juta. Dan ini akan segera dicairkan apabila laporan pertanggung jawaban pada tahun 2015 telah diselesaikan,” jelas Ruslan.
Dalam rapat kemarin, Bupati juga memberikan penghargaan kepada sejumlah camat yaitu kepada Camat Kota Juang, Pandrah, dan Makmur. yaitu Gampong Blang Matang, Kecamatan Peudada yang tercepat menyelesaikan RPJMG, lalu Gampong Ie Rhop Timu, Kecamatan Simpang Mamplam yang tercepat menyelesaikan laporan realisasi penggunaan Dana Desa Tahun 2015.
Ketua Panitia pelaksana kegiatan yang juga Sekda Bireuen Ir Zulkifli Sp dalam laporannnya kemarin mengatakan, jumlah peserta rapat kerja hari itu sekitar 12.466 orang, dimana 12.180 orang diantaranya dari perangkat gampong di 609 desa serta 209 orang pendamping desa. 95% persen perangkat desa yang hadir pada rapat tersebut.(wol/chai/data1)

0 Response to "Tahun Ini Di Kabupaten Bireuen, Honor Aparatur Gampong Naik"

Post a Comment