Bupati Bireuen Himbau Warga Bireuen Untuk Melaksanakan Sholat Gerhana Matahari Di Mesjid dan Meunasah


Bireuen, Berita Nyata - Gerhana Matahari Total akan dimulai pada 09/03/2016 pukul 6.20 WIB, ketika itu Matahari akan bergerak dari Samudra Hindia ke wilayah barat Indonesia di Pulau Pagai Selatan di Sumatera Barat, kemudian melintasi Palembang Sumatera Selatan, Bangka -Belitung, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Papua Nugini, dan berakhir di Lautan Pasifik.
Proses gerhana Matahari sekitar 2-3 jam, tetapi fase totalnya di wilayah Indonesia hanya 1,5-3 menit saja, dan sekitar 4 menit di Papua Nugini.
Sementara itu Bupati Bireuen H. Ruslan M Daud menghimbau kepada seluruh masyarakat Bireuen untuk Melaksanakan Sholat Gerhana Matahari Di Mesjid dan Meunasah. Hal ini dikatakan Bupati Ruslan pada akun media sosial miliknya
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Berdasarkan kajian syari'i fenomena gerhana merupakan bukti keagungan dan kebesaran Allah SWT, sehingga jika terjadi gerhana disunnahkan umat islam untuk melakukan sholat gerhana, memperbanyak istighfar dan bersedekah, dengan ini kami mohon perhatian sebagai berikut. 
Menurut data astronomis pada hari rabu tanggal 09 Maret 2016 bertepatan dengan tanggal 29 Jumadil Awal di seluruh wilayah Indonesia akan terjadi gerhana matahari total (GMT).
Maka oleh karna itu Saya Menghimbau Kepada semua masyarakat Kabupaten Bireuen Agar melaksanakan sholat gerhana matahari Di Mesjid dan Meunasah Masing-masing.
Agar Kita Semua dijauhkan segala marabahaya. Amin..
Demikian Himbauan ini kami sampaikan, atas perhatian kami ucapkan ribuan terimakasih.

Fenomena alam gerhana matahari total (GMT) di 12 provinsi di Indonesia, Rabu (9/3/2016), disambut antusias warga dunia. Peristiwa langka ini menjadi momen tepat untuk pengembangan ilmu pengetahuan, edukasi publik, budaya, dan wisata. Berdasarkan data Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), 12 provinsi yang akan dilintasi GMT adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

0 Response to "Bupati Bireuen Himbau Warga Bireuen Untuk Melaksanakan Sholat Gerhana Matahari Di Mesjid dan Meunasah"

Post a Comment