GOA Jepang Blang Panyang Objek Wisata Andalan Lhoksemauwe Saat Ini


Berita Nyata, Blang Panyang Lhoksemauwe - Berwisata ke Kota Lhoksemauwe tidaklah lengkap jika anda belum berkunjung ke salah satu goa yang ada dikawasan tersebut, yakni Goa Jepang atau Lubang Jepang. Goa Jepang adalah saksi bisu sejarah penjajahan atau pendudukan Jepang yang masih tersisa sampai sekarang di Indonesia. Sedangkan Pemerintah Lhokseumawe menamai obyek wisata ini sebagai Taman Ngieng Jioh (Taman Melihat Jauh).

Goa itu dibangun 1942. Benteng terakhir Jepang sebelum Sukarno mendeklarasikan Kemerdekaan RI pada 1945. Sayangnya panjang goa ini hanya 100 meter, Goa ini tidak terkoneksi dengan goa lainnya di bukit itu. Tampaknya, goa ini semata-mata untuk pertahanan kelompok kecil dari serangan musuh. Bunker yang dibangun Jepang banyak ditemukan di bibir pantai Lhokseumawe. Goa ini konon juga sebagai pengintai musuh yang datang dari laut lepas.

Secara geografis keberadaan Goa Jepang atau Lubang Jepang ini terletak di Bukit Desa Blang Payang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe. Akses memasuki Goa Jepang adalah di jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh. Ketika berada di Desa Blang Payang, atau Taman Makam Pahlawan Lhokseumawe, Lalu mendaki bukit kecil itu. Di puncak bukit itulah Goa Jepang berada. 

Goa peninggalan Jepang ini terlihat sangat eksotis. Letaknya yang berada di pegunungan membuat udara di tempat ini terasa sangat sejuk. Apalagi, pengunjung  dapat melihat  rerimbunan pohon sembari menikmati desiran angin dan anda bisa melihat kilang PT Arun NGL. Lengkap dengan kapal tanker LNG yang bersandar.

Pantauan Berita Nyata Senin,11/01/2016. Saat menuju ke Goa Jepang akses jalan yang dilalui sangat sulit dikarenakan jalan menuju bukit tersebut sebahagian belum diaspal dan bila hujan turun jalan dibukit tersebut tidak bisa dilalui.

Dilokasi wisata terdapat juga beberapa kantin yang tidak terurus lagi dikarenakan kantin tersebut tidak digunakan lagi oleh pedagang sehingga membuat objek wisata tersebut terasa kumuh. 
 

Pemerintah Kota Lhokseumawe menjadikan goa peninggalan Jepang sebagai andalan pariwisata karena memiliki nilai sejarah sebagai tempat persembunyian tentara Dai Nippon di masa lalu.


Selain Goa Jepang dijadikan objek wisata andalan, juga ada tujuan wisata lainnya yang layak dikunjungi di Kota Lhokseumawe. Antara lain, kawasan Waduk Pusong, Pantai Pulau Seumadu, Pantai Ujong Blang, kawasan KP3 dan juga Masjid Agung Islamic Centre.


Editor : Echo Apps
Foto   : Echo Apps & Mul GD


0 Response to "GOA Jepang Blang Panyang Objek Wisata Andalan Lhoksemauwe Saat Ini"

Post a Comment