Wali Kota Banda Aceh Buka Festival Kopi Internasional dan Kuliner Aceh 2016 di Blang Padang



Berita Nyata, Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar even berskala Internasional, Festival Kopi dan Kuliner Aceh tahun 2016. Even yang dibuka Staf Ahli Bidang Kemaritiman, Kementerian pariwisata Republik Indonesia, Syamsul Lussa, Selasa (10/5/2016) mendapat antusias yang luar biasa dari wisatawan manca Negara dan wisatawan lokal. Festival ini juga mendapat perhatian besar dari ribuan Warga Banda Aceh yang memadati lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Pembukaan Festival Kopi dan Kuliner Aceh 2016 ini ditandai dengan proses penyaringan kopi bersama yang dilakukan oleh Walikota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal SE, Sekretaris Jenderal Kota Serikat Turki Hayrettin Gungor dan Staf Ahli Bidang Kemaritiman Pariwisata Syamsul Lussa. 
Sesaat sebelum pembukaan, panitia menampilkan sejumlah penampilan dipanggung utama, mulai dari Rara Tarmizi dan Rahmi, kolaborasi tarian tradisional Aceh dan Bali hingga tarian kolosal Kemalahayati yang melibatkan 200-an penari. Penampilan para penari yang mengisahkan perjuangan heroik seorang perempuan Aceh, Laksamana Keumalahayati saat mengusir serdadu Belanda berkali-kali mendapatkan standing applaus dari ribuan pengunjung.

Tak jauh dari panggung,  sejumlah stand kedai kopi berjajar rapi menyajikan aneka minuman dari kopi. Pengunjung yang datang, juga dapat menikmati kopi sambil bersantai di meja yang telah disiapkan. Stand-stand kopi ini juga dikunjungi dan oleh Syamsul Lussa, Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal SE dan Wakilnya Zainal Arifin, Kadis Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, Direktur Eksekutif JKPI Nanang Asfarinal dan para Bupati/Walikota anggota JKPI yang kemudian ikut mencicipi berbagai aneka rasa kopi yang telah mendunia tersebut.

Sejajar dengan stand kopi, berjejer stand-stand yang menampilkan sejumlah kue dan masakan khas Aceh. Ada ribuan menu makanan tradisional yang ditampilkan disana. Selain itu pada even ini juga dilakukan prosesi masak 1000 kue apam yang biasa disebut masyarakat Aceh dengan  teut apam (makanan sejenis serabi). Masak 1000 Apam ini diupayakan berhasil mencatat rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI).
Kuliner Jadi Daya Tarik Wisatawan

Saat membuka even ini, Kementerian pariwisata Republik Indonesia, Syamsul Lussa Festival yang digelar Pemko Banda Aceh ini menunjukkan komitmen bahwa Pemko dan warga Banda Aceh memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kedatangan wisatawan.

Kata Syamsul Lussa, dari hasil survey, 40 persen wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah menghabiskan biaya untuk kuliner, tentunya termasuk kopi. Karenanya, sudah sangat tepat Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Aceh membuat festival sebesar ini.

“Survey juga menunjukkan 50 persen pengunjung di Restoran adalah wistawan,” ungkap Syamsul Lussa.
Menurut Syamsul Lussa, ini merupakan peluang ekonomi, apalagi Aceh dan Indonesia memiliki kuliner yang beragam yang menjadi modal untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Data tahun lalu, wisatawan membelanjakan uangnya sebanyak Rp 115 triliun untuk kuliner saja. Saya pikir festival seperti ini menjadi penting dalam rangka merebut peluang itu,” ungkapnya.
Sementara itu, Illiza saat memberikan sambutannya mengatakan besyukur karena telah mampu untuk menggelar Festival Kopi bertaraf Internasional di Kota Banda Aceh. 

“Even ini salah satu cara untuk memperkenalkan budaya minum kopi yang kuat di Kota Banda Aceh. Selain itu, tujuan lainnya adalah memperkenalkan kota ini sebagai surganya kedai kopi kepada para pencinta kopi di seluruh dunia,” ujarnya.

Lanjut Illiza, sebagai ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh telah dijuluki sebagai kota 1001 warung kopi. Karena hampir disetiap sudut Kota tersedia warung kopi yang selalu memanjakan pelanggan dan pencinta kopi. Bisnis kopi di Banda Aceh juga telah mampu untuk menampung banyak tenaga kerja dan menghidupi ribuan orang. 

“Ini adalah rahmat dari Allah SWT, lewat Festival kopi Internasional ini, kiranya akan lebih menyebarluaskan informasi kualitas kopi Aceh yang memang berkelas dunia. Selain itu, momentum ini juga mampu mendorong para pengusaha kopi di Aceh untuk lebih kreatif meningkatkan kualitas rasa dan layanan dalam menyajikan kopi untuk setiap penikmat kopi. Kiranya, Kopi Arabica dan Robusta yang banyak dihasilkan khususnya oleh dataran tinggi Gayo, juga akan lebih berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat petani dan pegiat usaha di sektor ini.” Ungkapnya.

Di sisi lain, kegiatan ini diharapkan melahirkan berbagai kreasi dan inovasi baru dalam dunia bisnis kopi yang akan lebih menguntungkan khususnya di Banda Aceh. 

“Semoga ke depan usaha kopi akan lebih terbuka dengan berbagai kreativitas yang lebih menarik peminat datang ke Banda Aceh. Melalui momentum festival ini juga kiranya akan mendorong menguatnya kesadaran perdagangan kopi yang berkeadilan di seluruh dunia yang berpihak pada petani kopi untuk lebih sejahtera” harapnya.

Tekait dengan festival kuliner Aceh, Illiza mengatakan even ini adalah momentum yang paling tepat bagi Aceh untuk memperkenalkan berbagai rasa kuliner yang dimiliki. Kiranya, Gule plik, asam udeueng, Gulai Kambing, ayam tangkap dan berbagai sajian kuliner khas Aceh lain mampu menjadi pemikat dan daya tarik tersendiri untuk lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banda Aceh. 

“Lewat ajang Festival kuliner juga kita ingin menyuguhkan rasa berkualitas kepada setiap tamu yang telah berkenan untuk bertandang ke kota pusaka Banda Aceh. Dan yang paling penting untuk kita sampaikan adalah, seluruh sajian kuliner Aceh dijamin halal,” ujarnya.

Hal lain yang ingin disampaikan ke dunia adalah Aceh memiliki selera tinggi dalam hal rasa. Karena itu, tidak salah bagi siapapun di dunia untuk menjadikan Banda Aceh sebagi daerah tujuan wisata. 

“Kita akan senantiasa menyambut para tamu di kota ini dengan kopi dan kuliner berkualitas yang siap memanjakan lidah. Karena itu, kita ingin tegaskan kembali, selain memiliki nilai edukasi pusaka, Banda Aceh juga sangat bersahaja sebagai destinasi wisata kopi dan kuliner selera para raja-raja,” pungkasnya. (mkk)

Sumber :  http://www.bandaacehkota.go.id

0 Response to "Wali Kota Banda Aceh Buka Festival Kopi Internasional dan Kuliner Aceh 2016 di Blang Padang"

Post a Comment