Para Istri Walikota Pelajari Cara Pembuatan Makanan Khas Aceh


 

Berita Nyata, Banda Aceh - Para Istri Walikota perserta Raker Komwil I Apeksi dan rombongan mempelajari cara-cara pembuatan makanan khas Aceh di acara Ladies Program, Rabu (25/5/2016) di Pendopo Walikota Banda Aceh. Rombongan ini langsung disambut oleh istri Sekdakota Banda Aceh, Ir Buraida MM MT.

Dalam kegiatan ini, para istri Walikota diperkenalkan cara pembuatan makanan khas Aceh yang telah terkenal di seantero dunia, seperti seperti Keumamah atau ikan kayu, dan ada pula Kue Timphan. Buraida juga mengajak para istri Walikota menikmati makanan tersebut. 

Dalam sambutannya Buraida mengatakan Banda Aceh menyambut baik kehadiran peserta Ladies Program ini. Hal ini, Lanjutnya, sesuai dengan motto orang Aceh “Peumulia Jamee Adat Geutanyoe”.

Selain memperkenalkan makanan khas Aceh, Buraida secara singkat juga menyampaikan kondisi Kota Banda Aceh yang sedang berbenah pasca musibah gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Banda Aceh dimana bencana tersebut telah meninggalkan sejumlah situs wisata yang kemudian menjadi pembelajaran bagi semua.

“Selamat datang di Kota Banda Aceh. Kota ini sudah berbenah. Di sini  punya banyak peninggalan sejarah. ibu-ibu juga bisa melihat berbagai situs peninggalan tsunami sebagai pembelajaran bagi kita. selaku tuan rumah, Banda Aceh ingin memperkenalkan lebih baik beberapa kekhasan daerah. Dalam kegiatan kali ini, Ibu-Ibu sekalian dapat menikmati berbagai jenis makanan khas Aceh yang cukup terkenal dan digemari oleh para pendatang. Selain itu kami juga akan memperkenakan cara-cara pembuatan makanan khas Aceh seperti Keumamah atau ikan kayu, dan ada pula Kue Timphan,” ujar Buraida.

Dalam Ladies Program Komwil I Apeksi 2016 ini, para peserta selain melihat langsung demo cara membuat berbagai masakan Aceh seperti pembuatan Keumamah, kue Timphan, Payeh On Mulieng, peserta juga berkesempatan melihat cara melukis inai Aceh.

Harneli Bahar: Istri Berperan Atas Kesuksesan Suami

Istri Wali Kota Padang, Harneli Bahar mewakili istri-istri peserta Komwil I Apeksi mengucapkan terima kasih banyak atas sambutan dan layanan Kota Banda Aceh sejak tiba di Bandar Iskandar Muda hinga berlangsungnya rangkaian kegiatan Raker.

Dalam sambutannya ia juga mengatakan perempuan-prempuan istri pejabat pemerintahan punya peran penting dalam suksesnya proses pembangunan sebuah daerah yang dipimping sang suami. Bahkan istri juga punya peran dalam memproteksi dan mendampingi suami dalam menentukan kebijakan-kebijakan penting, termasuk kebijakan yang berpotensi tehadap penyelewengan hukum, seperti korupsi dan lainnya.

“Setiap uang yang diterima suami, saya selalu menanyakan asal-asul dan landasan hukumnya. Alhamdulillah hingga saat ini belum terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Harleni.

Ia menambahkan jabatan bukanlah merupakan sesuatu yang harus dibanggakan, akan tetapi merupakan sebuah amanah Allah yang harus dijaga.

Dalam Ladies Program Komwil I Apeksi 2016 ini para peserta melihat langsung demo cara membuat berbagai masakan Aceh seperti pembuatan Keumamah, kue Timphan, Payeh On Mulieng, hingga pemakaian lukisan inai Aceh. (hfz)


Sumber : www.bandaacehkota.go.id

0 Response to "Para Istri Walikota Pelajari Cara Pembuatan Makanan Khas Aceh"

Post a Comment