Pejabat SIC Siapkan 5.000 Masker

SEPANG - Pejabat Sirkuit Internasional Sepang (SIC) sudah menerima peralatan medis berupa 5.000 masker yang akan dibagikan kepada kru dari tim yang akan tampil di gelaran seri 17 di GP Malaysia akhir pekan ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Promotor GP Razlan Razali, dalam sebuah wawancara khusus dengan Speedweek, Kamis (22/10/2015) kemarin. 

"5.000 masker hanya diperuntukan untuk kru dari tim peserta yang akan tampil. Sementara bagi penonton yang akan menyaksikan balapan, kami juga sudah menyiapkan masker dengan harga yang terjangkau," tutur Razali, Jumat (23/10/2015). 

Dorna dan Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) sudah membuat keputusan bahwa balapan seri 17 di SIC tetap berlangsung. Tapi ini bersifat situasional, sebab jika kualitas udara akibat kabut asap berdampak buruk pada kesehatan pembalap. Maka waktu sesi latihan, kualifikasi, dan balapan akan dipangkas. 

"Dampak asap cukup mengkhawatirkan kami, tapi balapan harus tetap berjalan sesuai rencana. Kami sejauh ini terus melakukan komunikasi dengan Dorna dan kami akan membahas situasi dari hari ke hari dan memantau kualitas udara. Kami juga sudah menyiapkan rencana atau plan B, yakni waktu sesi latihan, kualifikasi, dan balapan akan dipangkas jika terjadi laporan bahwa asap semakin berbahaya. Ini telah dipraktekkan di negara-negara peserta MotoGP. Ketika data API sangat berbahaya atau mengancam, Grand Prix bisa dibatalkan dan dapat dijadwal ulang ke tanggal lain. Itu adalah jalan terakhir buat kami dan siapapun pasti tidak menginginkan hal itu terjadi." tambah Razali.  

"Kami terus berkoordinasi dengan API. Kami akan mengevaluasi ulang setiap hari dan mengirimkan laporan kepada Dorna. Dorna nantinya yang memutuskan pembatalan balapan," tukas Razali. 

Masalah kabut asap Indonesia yang mengganggu olah raga di negara tetangga, Malaysia bukan yang pertama merasakannya. Sebelumnya Singapura diterjang masalah serupa saat menggelar Grand Prix Formula 1 dan Piala Dunia Renang beberapa waktu lalu.


0 Response to "Pejabat SIC Siapkan 5.000 Masker "

Post a Comment